Mengatasi kondensasi pada pipa AC

tempat sewa acdi cikarang

sewa ac standing

Untuk melakukan Pemasangan AC standing salah satu yang perlu menjadi perhitungan adalah adanya  kondensasi pada  pipa atau instalasi AC. Mengapa  demikian ? Menurut salah satu teknisi tempat sewa ac  Jakarta akibat dari kondensasi  tersebut bisa  menyebabkan  tetesan air  pada tembok  atau  plafon.

Tentunya kita tidak mau apabila tembok kita atau  plafon ada  tetesan air apalagi sampai berlumut  yang terlihat sepanjang  pipa AC yang ditanam di tembok atau di letakkan di atas plafon.

Mengapa kondensasi   atau pengembunan itu bisa terjadi ? Kondensasi /pengembunan  bisa terjadi disebabkan  karena adanya perbedaan (gap ) temperature  yang cukup tinggi  di dalam pipa  dengan suhu di luar .Seperti kita ketahui  udara  banyak sekali mengandung uap air .Uap air ini akan berubah menjadi molekul molekul  air  akibat dari  perubahan  uap air atau  gas menjadi  benda  cair (titik titik air ) pada suhu udara di bawah  titik embun 2 psi.

Beberapa  contoh  terjadinya  proses  kondensasi  paling sederhana  pada  Air conditioner Anda :

  • Apabila saat kita  mengendarai mobil  dalam kondisi hujan dan  kaca  tertutup rapat  ac dimatikan  maka yang terjadi  adalah kaca  akan berembun ,dan apabila ac di hidupkan maka embun  pelan pelan  akan hilang .
  • Botol atau gelas di isi dengan air dingin atau es , maka secara pelan permukaan  sisi luar  gelas atau botol  akan muncul titik titik air atau embun.

Untuk mengurangi  kondensasi  yang perlu dilakukan  adalah memberi  insulasi  (Armaflex) yang bagus pada  pipa AC standing .Hal ini supaya perbedaan suhu pipa ac tidak bersinggungan langsung dengan suhu luar. Pemasangan Insulasi harus dilakukan dengan  benar, hindari celah (airgap) antara  pipa  dengan insulasi maka sebaiknya  lilit lagi dengan plastik tape  yang  kuat.

Perlu diperhatikan pula instalasi pembuangan air AC standing (drainase ).kemiringan nya harus cukup  dan tidak banyak tekukan. Saluran air yang tidak lancar bisa menyebabkan  kebocoran atau air meluap ke kamar.Perhitungan yang cermat tanpa mengurangi estetika dalam ruangan sangat di butuh kan bagi seorang  teknisi AC.

Posted in Artikel, Sewa AC, Tips and tagged , .

2 Comments

  1. Air menetes dari indoor unit bisa terjadi karena tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi. Umumnya diakibatkan oleh jamur yg menumpuk di drain pan indoor maupun di saluran pembuangan. Selain itu juga ujung saluran air yg tertutupbisa juga menyebabkan air meluap dari penampungnya. Untuk mengatasinya cuci bersih AC tsb, pastikan juga drain pan dibuka, sehingga bisa betul2 bersih. Saluran buang air di-vakum dari bagian ujung luar dari pipa.

  2. Penyebab kondensasi dalam kasus ini adalah karena perbedaan suhu antara diruangan dengan diplafon. Kondensasi biasanya terjadi pada bagian outdoor pipa-pipa nya yang sering berembun dan meneteskan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *