Tips Supaya AC Rumah Anda Tetap Awet

Suhu udara yang panas, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok dan sekitarnya tentunya akan membuat rumah Anda gerah dan tidak nyaman untuk istirahat. Itu tandanya Anda membutuhkan AC (air conditioning) untuk memberikan kenyamanan yang lebih pada ruangan Anda agar tidak panas lagi dan menjadikan rumah Anda sejuk bagaikan gunung berselimut salju.

Tips Supaya AC Rumah Anda Tetap Awet

Untuk memberikan kenyamanan pada ruangan Anda bertahan lama, maka dari itu unit AC kesayangan Anda harus selalu di perhatikan dengan baik.

Berikut Tips Agar AC rumah Anda Tetap Awet;

  1. Lakukan maintenance rutin unit AC Anda 2 Bulan Sekali

    Pastikan Anda rutin mencuci AC Anda secara rutin minimal 3 bulan sekali atau lebih bagusnya lagi 2 bulan sekali, ingat secara rutin ya.  Maintenance AC meliputi pengecekan pipa freon, saluran air, cuci indoor dan outdoor agar unit AC Anda bisa bekerja dengan baik, karena apabila banyak debu yang tersumbat di unit AC maka yang terjadi adalah pembuangan panas kurang maksimal hingga akhirnya AC Anda tidak dingin dan masalah lainnya yang akan timbul karena Anda jarang service ac.

  2. Nyalakan AC Ketika Ruangan Tertutup Rapat

    Ketika AC dinyalakan, usahakan semua jendela, ruangan terbuka, ataupun pintu segera ditutup dengan rapat, dikarenakan apabila AC sudah menyala dan bekerja mendinginkan ruangan Anda bisa maksimal setelah semua ruangan terututup dengan rapat. Jika tidak, maka udara panas dari luar akan masuk ke dalam ruangan AC dan tidak menjadikan ruangan AC Anda bekerja secara maksimal.

  3. Tepat Memilih Kapasitas AC Sesuai Kebutuhan

    Memilih kapasitas AC untuk ruangan Anda sangatlah penting, pastikan sebelum Anda membeli AC konsultasikan terlebih dahulu kepada teknisi AC kepercayaan Anda, agar Anda tidak keliru dalam memilih kapasitas AC sesuai dengan ukuran ruangan Anda (atau sesuai kebutuhan).
    Kapasitas AC dibisa dilihat dari berapa PK (paard kracht) atau disebut juga HP (horse power) tenaga AC. AC rumah min. memiliki kapasitas 0.5 PK – 2.5 PK (max) dengan berbagai merk dan tipe yang tersedia di pasaran.

  4. Jangan lupa Cek Freon

    Jangan lupa selalu cek aliran freon dalam keadaan baik atau bocor, karena jika freon bocor (dari pipa) maka AC Anda tidak bisa dingin.

  5. Gunakan Timer

    Gunakan timer jika perlu, menggunakan timer bisa juga menghemat energi listrik. Karena ketika Anda sudah tidak memakainya lagi, AC akan otomatis mati ketika anda setting di remote control. Jangan lupa matikan AC ketika Anda tidak memakainya.

  6. Pakai Inverter
    via daikin.co.id

    Jika Anda terlalu sering mematikan AC Anda bisa mempercepat kerusakan AC. Akan tetapi itu sudah menjadi kebiasaan pengguna AC rumah pada umumnya. Untuk membuat suhu ruangan tetap stabil.
    Beberapa merk AC kini sudah meneydiakan teknologi Inverter dimana lebih hemat dan canggih yang bisa mengatur kerja kompressor tanpa proses on-off.

    Jika suhu ruangan naik, kompresor bekerja sedikit lebih cepat mendinginkan ruangan. Sebaliknya, saat temperatur mulai rendah, kompresor memperlambat kinerja.

Post Comment